Thursday, August 28, 2014

Manfaat Berjalan Naik Tangga

Menurut Plato, Tuhan memberikan dua cara agar manusia bisa berhasil dalam hidupnya. Yang pertama adalah pendidikan, dan yang kedua adalah aktivitas fisik. Kurangnya aktivitas bisa menghancurkan kesehatan setiap manusia, sementara melakukan gerakan dan latihan fisik merupakan metode untuk mempertahankan kesehatan setiap manusia.

Salah satu aktifitas fisik yang banyak memberikan manfaat adalah berjalan menaiki tangga. Beberapa manfaat yang Anda bisa peroleh jika berjalan menaiki tangga adalah sebagai berikut :

Berjalan menaiki sebuah tangga akan membakar lebih banyak kalori dibanding melakukan jogging. Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan menaiki tangga, akan membakar lebih banyak kalori per menit daripada joging. StepJockey di Inggris mempunyai misi untuk mengajak semua orang agar berjalan naik atau turun  tangga kapan dan dimanapun kegiatan tersebut memungkinkan untuk dilakukan. Berjalan menaiki sebuah tangga akan mengeluarkan energi 7 kali lipat lebih banyak daripada menggunakan lift. Anda tidak hanya membakar kalori pada saat menaiki sebuah tangga, tetapi juga pada saat Anda berjalan menuruni sebuah tangga. Diperkirakan bahwa Anda setidaknya membakar 0,1 kalori untuk setiap langkah pada saat naik tangga, dan Anda setidaknya membakar 0,05 kalori untuk setiap langkah pada saat menuruni sebuah tangga. Berjalan menaiki atau menuruni sebuah tangga tentunya juga sangat bermanfaat bagi Anda yang berjuang untuk menurunkan berat badan.


berbagai manfaat berjalan naik tangga

Berjalan menaiki sebuah tangga akan mengurangi resiko Stroke. Menurut hasil dari Harvard Alumni Health Study, aktivitas menaiki sebuah tangga dapat mengurangi risiko Stroke. Misalnya, pada pria yang melaporkan bahwa menaiki tangga pesawat 3 hingga 5 penerbangan per harinya, akan mendapatkan 29 persen penurunan risiko stroke.

Berjalan menaiki tangga akan meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Kebugaran kardiovaskuler adalah ukuran kemampuan jantung untuk memompa darah yang kaya oksigen ke bagian tubuh lainnya serta kemampuan untuk menyesuaikan dan memulihkan dari aktivitas jasmani. Daya tahan kardiovaskuler adalah kesanggupan sistem jantung, paru, dan pembuluh darah untuk berfungsi optimal sehingga dapat dipergunakan pada proses metabolisme tubuh.

Berjalan naik tangga akan menguatkan otot. Pada saat Anda menaiki sebuah tangga, semua otot-otot di kaki Anda bergerak. Semua itu diterjemahkan ke dalam sistem muskuloskeletal kuat dan sehat. Karena menggunakan otot rangka maka akan membantu meningkatkan metabolisme, yang dapat diterjemahkan ke dalam lebih banyak kalori yang dibakar dan akan mengurangi kelebihan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan otot rangka juga memiliki efek yang luar biasa pada peningkatan gula darah, yang memiliki implikasi untuk mencegah dan mengelola diabetes.


Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment