Thursday, September 4, 2014

Buah Pinang Bisa Hilangkan Flek Di Wajah

Memiliki wajah yang tetap bersih serta tanpa flek hitam adalah merupakan dambaan bagi setiap wanita.Bahkan tidak jarang juga pria menginginkan agar kulit wajahnya tetap bersih dan tidak berflek. Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan tak berflek, berbagai cara yang mereka lakukan.  Mulai dari menggunakan bahan-bahan yang alami hingga menggunakan bahan-bahan yang mengandung zat kimia.

Timbulanya flek hitam pada wajah terkadang membuat sebagian orang yang mengalaminya menjadi kurang percaya diri. Apa lagi, wajah adalah merupakan pusat perhatian pada saat bertatap muka. Flek hitam di wajah bisa timbul akibat dari berbagai faktor. Faktor dari luar misalnya terpapar sinar matahari dan penggunaan kosmetik.  Faktor yang berasal dari dalam tubuh masing-masing orang misalnya perubahan hormon dan keturunan.

Bagi Anda yang kebanyakan beraktivitas di luar ruangan, sebisa mungkin memberikan perlindungan pada kulit Anda agar tidak terpapar langsung dengan sinar matahari yang mengandung ultraviolet penyebab timbulnya flek hitam pada kulit. Begitu pula penggunaan kosmetik, agar senantiasa Anda mengamati dengan cermat karena penggunaan kosmetik yang tidak tepat akan berdampak buruk pada kulit Anda. Ini terutama pada penggunaan kosmetik yang mengakibatkan lapisan kulit menjadi semakin tipis. Lapisan kulit yang semakin menipis jika terpapar sinar matahari, maka kulit akan menjadi lebih cepat mendapatkan flek hitam.


cara menghilangkan flek hitam pada kulit wajah

Flek hitam pada kulit yang timbul akibat perubahan hormon, biasanya dialami oleh wanita yang sedang hamil. Pada beberapa kejadian, flek hitam pada wajah juga terjadi pada wanita yang menjelang memasuki masa menopouse yaitu masa berhentinya siklus menstruasi.

Untuk menghilangkan flek hitam pada wajah Anda, sebaiknya menggunakan bahan yang tidak mengandung zat kimia. Salah satu cara yang Anda bisa gunakan adalah menggunakan buah pinang.

Buah pinang dengan nama ilmiah areca catechu mengandung alkaloida seperti arekaina dan arekolina yang bersifat racun dan adiktif. Simplisia biji pinang di apotek biasa digunakan untuk mengobati cacingan, terutama untuk mengatasi cacing pita. Zat lain yang terkandung pada buah pinang yaitu arecaidine, arecolidine, guracine, dan guvacoline.  Dengan cara tradisional, buah pinang umumnya orang gunakan dalam ramuan untuk mengobati sakit disentri, diare berdarah, serta kudisan. Buah pinang juga digunakan sebagai penghasil zat pewarna merah dan bahan penyamak. Buah pinang dikenal sebagai salah satu campuran orang makan sirih.

Selain manfaat di atas, ternyata Buah Pinang juga bisa menghilangkan flek hitam pada kulit wajah. Bagaimana cara agar flek hitam bisa hilang dengan menggunakan buah pinang ? Anda bisa mengikuti cara di bawah ini :
  • Ambillah beberapa biji buah pinang warnanya sudah menguning.
  • Cuci buah pinang tersebut hingga bersih.
  • Iris kulit buah pinang tersebut tebal-tebal.
  • Usapkan kulit pinang bagian dalam pada bagian kulit wajah yang berflek hitam.
  • Biarkan selama 1 hingga 2 jam, sebelum mencuci bersih kembali wajah Anda.
  • Usapkan pada waktu sore atau malam hari, dan lakukan hingga kulit wajah bersih tak berflek hitam lagi.
Catatan :
Sebelum Anda mengusapkannya pada bagian kulit wajah yang berflek hitam, lakukanlah pengetesan terlebih dahulu dengan cara mengusapkannya pada sebagian kecil kulit wajah Anda dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Hentikan jika menimbulkan rasa gatal pada bagian kulit wajah yang Anda usapkan tadi.

Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment