Tuesday, May 13, 2014

Kendaraan Konstan, Hemat BBM

Anda mungkin sering melihat pengemudi yang kerap memacu kendaraannya dalam kecepatan yang tinggi, tentu dengan alasan agar cepat sampai pada tujuan. Namun tahukah Anda bahwa kendaraan yang dipacu dalam kecepatan di atas rata- rata dapat menguras bahan bakar mobil lebih cepat dari yang semestinya, belum lagi resiko kecelakaan yang bisa datang dengan tiba-tiba. Memang kadang-kadang ada saat tertentu yang membuat Anda harus menggunakan kendaraan Anda dengan kecepatan yang tinngi, namun pikirkanlah secermat mungkin bahwa hal tersebut memiliki resiko yang tinggi pula. Pada Blog "Berbagai Artikel Menarik" ini, saya akan membagi Artikel menari untuk Anda yang mengulas tentang cara agar kendaraan hemat bahan bakar. Berikut ini ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan agar kendaraan hemat bahan bakar (BBM).

Langkah pertama (hal ini cukup sulit, terutama bagi Anda yang memiliki jiwa pembalap) adalah menjaga supaya laju kendaraan tetap konstan. Setiap kali hendak pindah gigi, usahakan supaya kisaran RPM mobil berada pada angka 3000-4000 (untuk kendaraan bahan bakar bensin) dan 2500-3500 (untuk yang bahan bakar solar). Dengan begitu, bensin atau solar yang digunakan sebagai sumber daya tenaga utama untuk menjalankan kendaraan juga "dibakar" dengan jumlah konstan.

cara agar kendaraan hemat bahan bakar
Pada jalanan yang menanjak, kecepatan dan hal diatas yang terutama harus diperhatikan. Sementara untuk jalan menurun, pengereman atau penggunaan rem juga harus konstan dalam menjaga laju kendaraan. Rem yang diinjak harus seimbang, dan jaga supaya RPM tidak melebihi batas yang ditentukan (salah satu cara adalah dengan memindahkan persneling). Selain hal tersebut, mainkan gigi mobil Anda supaya kecepatan dan laju RPM konstan.

Langkah terakhir adalah dalam membuka kaca mobil. Sering kali dalam perjalanan jauh atau dekat (ini terutama bila mobil tidak dilengkapi oleh alat pendingin), Anda membuka jendela mobil supaya udara sejuk mengalir masuk. Namun jangan salah, seandainya harus dibuka, usahakan supaya jangan hanya satu melainkan kedua sisi (kiri dan kanan) jendela yang dibuka. Sebab jika Anda hanya membuka satu sisi saja, maka sirkulasi udara hanya akan berjalan satu arah (masuk) dan dengan sendirinya akan menghambat kecepatan laju kendaraan. Otomatis, bahan bakar akan lebih banyak dikuras.

Demikianlah Artikel tentang "Kendaraan Konstan, Hemat BBM", yang saya publikasikan pada Blog Berbagai Artikel Menarik. Semoga artikel ini menarik dan bermanfaat untuk Anda.

Baca juga :
Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment