Thursday, May 15, 2014

Membangun Citra Diri Yang Benar

Dalam beberapa kasus, obesitas ternyata juga memberikan dampak psikologis :
  • Pada beberapa negara barat yang menyatakan bahwa obesitas sering dianggap malas dan tidak mempunyai kemauan. Beberapa penelitian diungkapkan bahwa kegemukan disebabkan kurang aktivitas yang dilakukan oleh tubuh. Orang yang mempunyai berat badan berlebihan menganggap olahraga adalah hal yang paling sulit dilakukannya, tentunya akan memperparah tingkat obesitas.
  • Munculnya kriteria ideal, berat badan yang ideal membuat individu yang mengalami obesitas kurang rasa percaya diri. Hampir semua model yang direkrut sangat jarang bertubuh gemuk sehingga mereka (obesitas) merasa dirinya tidak pantas dan kurang percaya diri.
  • Pada umumnya orang-orang beranggapan bahwa gemuk tidak menarik.
  • Pada lingkungan kerja. Beberapa perusahaan merasa “keberatan” dengan merekrut pegawai yang mempunyai berat tubuh berlebihan, dianggap tidak luwes, tidak menarik secara fisik, dan dianggap tidak fleksibel. Kesalahan cara berpikir ini masih dapat Anda lihat pada perusahaan-perusahaan yang melakukan proses rekruitment dengan meminta biodata tinggi dan berat badan, atau bahkan foto berwarna. Praktek diskriminasi ini masih banyak di Indonesia, mereka beranggapan bahwa orang yang mengalami kegemukan tidak dapat menarik jumlah pelanggan atau terjadi transform kinerja pegawai yang lain dalam satu atap perusahaan.
membangun citra diri
Melihat hal-hal di atas terkadang membuat orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan merasa frustasi dan depresi. Oleh karena hal tersebut, dengan sengaja saya menyisipkan Bab ini, dengan harapan Anda dapat membangun citra diri yang benar. Di dalam agama mengajarkan beberapa hal tentang citra diri yang benar. Apalagi di Indonesia, kita sebagai umat beragama, maka saya mencoba mengajak Anda untuk menerapkan beberapa langkah berikut ini:
  • Kita wajib selalu mensyukuri apapun yang ada dan kita miliki, dan selalu berupaya untuk dapat menggali potensi yang kita miliki.
  • Kita harus bersyukur kepada Tuhan atas diri kita. Kita adalah makhluk yang unik dan spesial yang dibekali dengan tujuan hidup yang mulia. Anda berharga di mata Tuhan, percayalah.
  • Kita harus berusaha mengetahui kekuatan kita dan mengembangkan kemampuan kita sampai pada puncaknya. Dengan kata lain, kita harus menjadi yang terbaik menurut karya kreatif Tuhan dalam hidup kita.
  • Kita harus memperbaiki apa yang ada dalam hidup kita dimana kita dapat membenahinya dengan membangun karakter kita sesuai arahan dan ajaran yang Anda dapatkan seturut kepercayaan agama Anda.
Semoga setiap persoalan yang sedang Anda hadapi, bukannya membuat Anda depresi, tetapi marilah kita bangkit dan hidup penuh di dalam pengharapan. Jadikanlah, Tuhan sebagai tempat Anda bersandar sebab Dia adalah kekuatanmu yang akan selalu memenuhi hati Anda dengan penuh sukacita dan damai sejahtera. Tinggalkanlah pikiran negatif dan mulailah dengan memikirkan semua yang benar, semua yang mulia, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji.

Demikianlah Artikel tentang "Membangun Citra Diri Yang Benar", yang saya publikasikan pada Blog Berbagai Artikel Menarik. Semoga Artikel inimenarik dan bermanfaat untuk Anda.

Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

2 comments:

  1. saya menggaris bawahi bahwa agar citra diri kita selalu dalam performa yang baik kayanya kita wajib selalu mensyukuri apapun yang ada dan kita miliki, dan selalu berupaya untuk dapat menggali potensi yang kita miliki...gituh deh kayanya mah...setuju ngga kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. +Cilembu thea, setuju banget kang...
      Trima ksh atas komentarnya. Post udah diupdate...:)

      Delete