Friday, May 9, 2014

Merawat Mobil yang jarang dipakai

Mungkin saja Anda adalah salah satu diantara mereka yang tergolong orang yang sangat sibuk. Berbagai macam tugas memaksa Anda untuk sering bepergian ke luar kota atau mungkin bahkan ke luar negeri dalam jangka waktu lama. Jika Anda memiliki mobil pribadi, hal ini harus diperhatikan supaya saat kembali nanti, kendaraan Anda tidak dalam kondisi terlantar atau dengan kata lain Mobil Anda tetap dalam keadaan terawat dengan baik. Oleh karena hal tersebut, maka pada Blog "Berbagai Artikel Menarik" ini, saya akan membagi artikel menarik untuk Anda tentang Cara merawat mobil yang jarang dipakai.
cara merawat mobil yang jarang dipakai
Cara atau langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci mobil sebelum ditinggalkan. Cara atau langkah selanjutnya adalah :
  • Posisi rem tangan dibebaskan. Jika dibiarkan dalam keadaan rem tangan ‘on’ (terutama dalam waktu lama), maka akan terjadi kelengketan antara minyak dengan piringan rem. Ini khususnya bagi kendaraan yang memiliki tromol di roda belakang. Satu hal tambahan, sebaiknya kunci mobil Anda dibiarkan tergantung pada kemudi kendaraan Anda. Bila pada rumah Anda mempunyai pembantu, hal ini akan sangat berguna untuk memanaskan kendaraan setiap hari. Namun jangan tinggalkan kunci mobil bila ternyata Anda tidak mempunyai garasi atau berada di tempat terbuka.
  • Mengganjal wiper dengan busa/kayu. Bila wiper terus bersentuhan dengan kaca mobil dalam waktu yang lama, maka karet wiper perlahan akan mengeras dan tidak lentur lagi. Akibat yang ditimbulkan adalah karet wiper tersebut akan menjadi kaku (atau yang biasa disebut dengan karet mati). Karet wiper akan terasa kasar saat akan dipergunakan untuk membasuh kaca depan mobil Anda.
  • Mengusahakan agar keempat ban mobil Anda dalam keadaan terangkat / tidak menempel pada lantai. Cukup dengan menggunakan dongkrak dan stand-jack. Tujuannya adalah supaya suspensi mobil terjaga dan tidak terbebani oleh berat kendaraan. Sebuah mobil yang tidak pernah digunakan dalam waktu yang cukup lama umumnya suspensinya akan naik-turun, sehingga bila dipergunakan nanti, mobil akan terasa tidak nyaman. Oh ya, petunjuk ini berlaku pada tempat parkir yang berbidang rata.
  • Lepaskan aki bila mobil akan ditinggakan selama lebih dari dua minggu. Kenapa harus melepaskan akinya? Alasannya adalah karena aki mobil sangat sensitif. Bila kendaraan tidak dinyalakan sama sekali dalam waktu dua minggu atau lebih, pada umumnya hal tersebut akan berpengaruh pada akinya (Aki akan menjadi soak).
  • Bila tempat parkir miring, ganjal empat ban anda dengan balok. Ini berlaku bagi Anda yang mempunyai garasi dengan permukaan miring. Pada point yang pertama disebutkan bahwa tidak baik memasukkan posisi rem tangan bila kendaraan ditinggal cukup lama. Nah, bagaimana bila permukaan tempat parkir mobil Anda miring? Cukup mudah. Ganjal keempat ban mobil Anda dengan balok atau benda keras yang lain supaya mobil tidak berubah posisi.
  • Taruh pengharum ruangan mobil dan tutup mobil dengan cover. Pengharum ruangan mobil berfungsi untuk menetralkan bau apek yang mungkin timbul karena ruang dalam mobil tertutup dalam waktu lama. Selain hal tersebut, mobil yang dibiarkan dalam keadaan terbuka juga memudahkan partikel-partikel debu masuk ke dalam mobil melalui celah-celah. Suatu hal yang tentunya tidak diinginkan oleh setiap pemilik mobil. Untuk menghindarinya, cukup beli penutup mobil yang biasa dijual di toko-toko aksesoris mobil.
Demikianlah Artikel tentang “Merawat Mobil yang jarang dipakai”, yang saya publikasikan pada Blog Berbagai Artikel Menarik. Semoga artikel ini menarik dan bermanfaat untuk Anda.

Baca juga :
Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment