Wednesday, May 14, 2014

Perawatan Pintu Mobil

Pada Blog "Berbagai Artikel Menarik" ini, saya akan membagi Artikel menarik yang mengulas tentang perawatan pada pintu mobil. Pintu mobil merupakan bagian kendaraan sangat penting untuk dirawat, sehingga menjamin keamanan dan kenyamanan pada saat berkendaraan. Pintu mobil sering luput dari perhatian pemiliknya, padahal jika terjadi kerusakan bisa berakibat fatal.

Akibat

Misal, jika rel kaca pada mobil Anda sudah getas sehingga air bisa masuk ke celah pintu dan membuat mekanisme penggerak kaca jendela berkarat. Sehingga pada saat naik turun kaca akan terasa berat dan harus dibantu dengan tangan. Belum lagi terdengar suara berderit, serta pemutar kaca bisa macet seketika. Demikian juga dengan gagang pintu mobil Anda, jika pelumas untuk mekanisme pembuka pintu sudah kering, pintu mobil Anda akan sulit untuk Anda buka.
cara merawat pintu mobil
Hal Yang Dilakukan
  • Sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng, kuas, solar, gemuk dan pelumas.
  • Buka panel penutup (trim pintu) pada posisi kaca pintu mobil turun ke bawah. Buka baut pegangan pintu dan gagangnya dengan obeng. Lalu lepas tuas pemutar kaca dengan mencungkil pin.
  • Buka panel pintu mobil dengan cara mencungkil pakai obeng. Untuk mobil dengan 'power window' copot sakelarnya. Perhatikan lis kaca (weather strip) bersihkan kotoran yang menempel pakai kuas dan solar. Tunggu sampai kering. Atau bersihkan dengan air sabun dan setelah kering bersihkan dengan lap.
  • Bersihkan gigi regulator dan oleskan dengan gemuk. Juga gigi penggerak motor untuk yang menggunakan power window. Lumasi juga lengan pemutar dan pernya.
  • Periksa pada tangkai pengimbang regulator, juga rel atas dan bawah penggerak tangkai regulator. Bersihkan dengan solar lalu olesi dengan gemuk.
  • Setel kaca yang miring dengan cara menaikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut pengimbang bagian bawah. Dorong kaca ke belakang dan kencangkan kembali baut pengimbang tersebut.
  • Perhatikan pada pembuka pintu luar, cek apakah terasa ada pergeseran jika difungsikan. Jika ya, lumasi dengan pelumas dengan cara semprot. Saat melakukan penyemprotan, sekalian cek dengan memainkan pembuka pintu luar dan dalam.
  • Periksa pada tangkai besi pengunci pintu. Terutama pada bagian bawah yang menggerakkan kunci. Bersihkan bila berkarat atau kotor dan semprotkan pelumas.
  • Jika sudah selesai pasang kembali panel pintu, untuk yang power window jangan lupa pasang sakelar kembali.
Pada perawatan pintu mobil di atas, sebisa mungkin Anda lakukan minimal 6 bulan sekali.
    Demikianlah Artikel tentang 'Perawatan Pintu Mobil' yang saya publikasikan pada Blog Berbagai Artikel Menarik. Semoga Artikel ini menarik dan bermanfaat untuk Anda.

    Baca juga :
    Berbagai Artikel Menarik
    Share this article to your friends :

    0 comments:

    Post a Comment