Tuesday, May 27, 2014

Persiapan Menghadapi Wawancara Kerja

Penuhi panggilan untuk hadir pada kegiatan wawancara kerja kadang-kadang menjadi momok yang menakutkan bagi seseorang. Tidak jarang pada saat sesi wawancara tiba, perasaan yang panik atau bingung datang melanda. Berbagai macam akibat yang dapat ditimbulkannya. Mulai dari kesalahan dalam memilih kostum, sampai pada hilangannya konsentrasi untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan untuk anda. Akibatnya, jawaban anda hanya merupakan jawaban yang seadanya saja atau tidak searah dengan pertanyaan yang ditujukan untuk anda. Jangan sedih bila posisi yang Anda inginkan, hilang begitu saja hanya karena beberapa kesalahan yang sebetulnya dapat Anda atasi sebelum wawancara berlangsung.
persiapan wawancara kerja
Salah satu adalah mengenai penampilan Anda. Menurut anda, mana yang lebih penting menguasai materi wawancara dari pada cara anda berpakaian? Kedua-duanya penting karena kedua hal tersebut di atas saling mendukung.

First impression memang benar keberadaanya. Pada saat Anda memasuki ruangan wawancara, mata pewawancara pertama kali akan memperhatikan atau menangkap cara berpakaian Anda. Tidak mungkin pewawancara akan langsung mengetahui karakteristik dan isi pikiran Anda, kecuali pewawancara tersebut mampu bertelepati. Oleh karena hal tersebut, menarik impresi pewawancara merupakan hal yang juga penting untuk anda lakukan. Dengan memperkuat penampilan Anda, biasanya kesan yang elegan dan berkelas akan melekat dengan sendirinya pada diri anda. Dengan penampilan yang tepat, biasanya menumbuhkan rasa percaya diri pada diri anda. Sehingga anda menjadi yakin bahwa Anda mampu untuk mengikuti wawancara kerja tersebut sebaik mungkin.

Cara berpakaian seseorang, biasanya juga merupakan gambaran yang pribadi pada seseorang. Adalah hal yang cukup mudah bagi pewawancara untuk menilai kepribadian peserta wawancara melalui cara peserta wawancara tersebut berpakaian. Pada tahap inilah anda boleh mencoba untuk menjaga penampilan anda agar mendapat nilai tambah pertama sebelum kegiatan wawancara tersebut dimulai. Patut untuk  diingat bahwa tidak selamanya wawancara kerja identik dengan pakaian yang sangat formal atau bahkan yang lengkap dengan setelan jas. Menggunakan pakaian yang sangat formal, seakan menggambarkan anda akan menghadiri rapat dengan dewan direksi.

Jadi, ketahuilah dengan baik tentang perusahaan atau kantor yang anda tempati untuk melamar. Siapa tahu saja perusahaan tersebut menerapkan suatu aturan tertentu bagi pelamar yang akan mengikuti sesi wawancara. Perusahaan-perusahaan besar, baik nasional maupun yang internasional biasanya mempunyai standar tertentu bagi pelamar pada perusahaannya.

Beberapa perusahaan seperti perbankan, pertambangan, dan telekomunikasi adalah merupakan berbagai contoh perusahaan yang mengharuskan pelamar untuk mengenakan pakaian yang formal saat wawancara. Apabila anda tidak ingin tampil sebegitu formal, cukup anda  mengenakan kemeja dengan dasi dan celana panjang kain. Ingat, semakin pas penampilan anda, hal tersebut akan membuat pewawancara menjadi semakin tertarik untuk mengetahui sosok anda lebih jauh. Untuk kemeja, pilihlah warna-warna pastel yang lembut seperti baby blue, beige, baby pink, atau light grey. Hindari untuk mengenakan kemeja dengan warna kontras karena akan mengurangi fokus pewawancara. Selain hal tersebut, Anda juga dapat tampil lebih ekspresif dengan kemeja yang bermotif seperti garis vertikal atau gingham.

Pada lain hal, juga ada beberapa perusahaan yang memang dikenal lebih 'kasual' dalam etika berpakaian bagi seseorang yang akan melamar pekerjaan pada perusahaannya. Perusahaan yang bergerak di bidang media, periklanan, atau public relations adalah beberapa contoh perusahaan yang membolehkan seseorang tampil semi formal saat mengikuti sesi wawancara. Semi formal di sini jangan disalah artikan dengan pakaian santai, kumal, dan acak-acakan. Sebaiknya Anda untuk tetap mengenakan kemeja, dengan celana jeans, dan dress shoes yang kini sedang menjadi tren mode bagi pria. Bila Anda ingin menambah kesan yang kasual elegan, kenakan blazer agar sosok Anda terlihat lebih mapan dan berkarakter.

Bagaimana mengetahui cara berpakaian yang tepat pada sebuah perusahaan tertentu yang belum Anda kenal baik ? Salah satu cara yang anda harus lakukan adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan tersebut. Jangan ragu untuk bertanya pada orang-orang di sekitar, akan lebih bagus bila orang tersebut bekerja pada perusahaan yang Anda lamar. Semua informasi yang telah anda dapatkan, bisa untuk menambah wawasan anda pada saat sesi wawancara berlangsung dan tentunya sekaligus untuk menguatkan rasa percara diri Anda.

Demikianlah Artikel tentang "Persiapan Menghadapi Wawancara Kerja ", yang saya publikasikan pada Blog Berbagai Artikel Menarik. Semoga Artikel ini menarik dan bermanfaat untuk Anda.

Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment