Tuesday, June 10, 2014

Sumber Makanan Antioksidan

Pada umumnya orang telah mengetahui jika buah dan sayuran adalah makanan sehat. Tetapi seberapa jauh Anda mengetahui manfaat buah dan sayuran bagi kesehatan Anda ? Mengonsumsi tiga sampai enam porsi dalam sehari, dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit. Pada Blog "Berbagai Artikel Menarik" ini, kembali saya akan membagi Artikel untuk Anda tentang sumber makanan antioksidan.

Berbagai alasan penting di balik nilai nutrisi yang dikandung pada buah dan sayuran. Diantaranya, berfungsi sebagai antioksidan dan melawan zat kimia berbahaya di dalam tubuh Anda.

makanan antioksidan
Berikut ini adalah beberapa sumber makanan  antioksidan yang sangat baik untuk dikonsumsi :
  • Berry. Buah berry memiliki kandungan proantosianidin (senyawa antioksidan) yang dapat mencegah penyakit kanker. Jenis buah-buahan berry ini, antara lain adalah : strawberry, blackberry, dan raspberry. Buah ini juga mengandung asam ellagic yang memperlancar pencernaan. Cukup campurkan potongan buah dengan yogurt, menambahkan ke salad, atau memakannya tanpa mencampurkan pada makanan yang lain.
  • Brokoli. Sayur ini sangat baik untuk menjaga kesehatan hati dan melawan sel kanker. Brokoli mengandung komponen yang disebut 3 karbonil untuk membantu pencernaan. Brokoli juga terkenal sebagai jenis makanan yang dikonsumsi untuk melawan kanker payudara pada kalangan perempuan.
  • Lemon. Sering dikonsumsi untuk mengobati bentuk dan penyumbatan pembuluh darah. Lemon juga berfungsi untuk mengatasi masalah sakit perut. Buah ini dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, dan membantu mencegah penyakit jantung dan kanker.
  • Ubi Jalar. Di antara semua umbi-umbi, ubi jalar berada pada posisi teratas yang memiliki index glikemik terendah. Index glikemik adalah ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Jika mengonsumsi ubi jalar dengan ukuran tepat, maka dapat menurunkan berat badan. Makanan ini dicerna dengan cara perlahan oleh tubuh. Mengandung vitamin C tinggi, kaya serat, dan potasium.
  • Bayam. Tidak salah apa bila tokoh film kartun popeye sering mengonsumsi bayam untuk meningkatkan kekuatan ototnya. Bayam memang mengandung sekitar 13 senyawa flavonoid yang dapat menjauhkan atau menghindarkan kita dari kanker, penyakit jantung dan osteoporosis.
  • Apel. Serat yang dikandung buah Apel sangat membantu menurunkan kolesterol dan kadar gula dalam darah. Buah Apel kaya dengan vitamin C yang dapat menjaga kesehatan darah dan membantu penyerapan zat besi.
Demikianlah Artikel tentang "Sumber Makanan Antioksidan" yang saya publikasikan pada Blog Berbagai Artikel Menarik. Semoga Artikel ini menarik dan bermanfaat untuk Anda.

Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

4 comments:

  1. wah bagus ini informasi nya, bisa menambah wawasan saya ;)

    ReplyDelete
  2. sumber makanan yang mengandung antioksidan cukup perlu di konsumsi ya gan. Banyak manfaatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali gan...makan makanan yang mengandung antioksidan biar bisa seperti popeye....
      hehehe sory bercanda. Thanks atas kunjungannya ya... :)

      Delete