Tuesday, October 14, 2014

Cara Mengubah Judul Label Pada Blog

Salah satu sistem yang bisa diterapkan pada Blog Anda yaitu adanya layanan untuk memberikan Label atau Kategori Artikel yang telah Anda publikasikan. Tujuan dari pada memberikan Label atau Kategori tentunya adalah untuk mengelompokkan setiap artikel yang Anda akan publikasikan tersebut. Misalkan artikel yang Anda akan publikasikan memuat informasi yang menyangkut  mengenai Blogger, mungkin Anda memasukkan artikel tersebut ke dalam Label atau Kategori “Tutorial Blog” atau “Artikel Blog”. Biasanya, masing-masing label adalah merupakan sebuah link situs yang mengarah ke sebuah halaman daftar index yang berisi segala sesuatu yang berhubungan dengan label tersebut.

Selain tujuan utamanya untuk mengelompokkan setiap artikel yang akan dipublikasikan, tag Label juga sangat erat hubungannya dengan berbagai sistem lain yang biasa diterapkan pada sebuah blog. Misal, dalam menerapkan Halaman Daftar Isi dan menerapkan Posting Terkait. Oh ya, untuk menerapkan Halaman Daftar Isi pada blog silakan baca Cara membuat daftar isi otomatis pada blog dan untuk menerapkan Posting Terkait baca Cara Membuat Posting Terkait Pada Blog.


Kembali pada pokok pembahasan, kenapa harus menghapus judul Label yang telah Anda buat sebelumnya ? Menghapus judul Label yang telah dibuat sebelumnya, mungkin harus dilakukan karena terjadi kesalahan pemberian judul Label pada artikel yang telah dipublikasikan. Atau, mungkin saja Judul Label yang telah dibuat sebelumnya tidak valid HTML5. Judul Label yang tidak valid HTML5 banyak saya temukan pada blog yang menerapkan aturan “Posting Terkait”. Ini disebabkan karena  Judul Label yang dibuat sebelumnya lebih dari satu suku kata yang mengandung spasi. Jadi jika mau Judul Label yang valid HTML5, sebaiknya menggunakan Judul Label yang terdiri dari satu suku kata saja, Atau jika ingin menggunakan lebih dari satu suku kata, jangan memberikan spasi pada Judul Label tersebut (Contoh : “Tutorial Blog” menjadi “Tutorial-Blog”).
judul label blog
Nah, jika ingin menubah Judul Label yang telah diberikan pada artikel yang telah dipublikasikan pada Blog Anda, silakan ikuti cara dibawah ini :
  • Login pada Akun Blogger Anda.
  • Klik pada bagian “Pos”.
cara mengubah judul label blog-1
  • Klik “Semua Label”, lalu pilih Label yang akan Anda ubah yang berada pada bagian bawah “Semua Label”.
cara mengubah judul label blog-2
  • Pada tampilan berikutnya, pilihlah POS yang mau diubah Judul Label nya dengan cara mencentang pada gambar kotak yang berada di samping kiri POS. Namun jika semua POS mau dicentang, Anda visa melakukannya dengan mencentang pada gambar kotak yang paling atas. Lihat pada gambar di bawah ini.
cara mengubah judul label blog-3
  • Langkah selanjutnya, klik “Judul baru” untuk memasukkan Judul Label baru yang diinginkan. Lihat pada gambar di bawah ini.
cara mengubah judul label blog-4
  • Saatnya memasukkan Judul Label Baru yang Anda inginkan, lalu klik tombol “Ok”.
cara mengubah judul label blog-5
  • Jika pembuatan Judul Label Baru tersebut berhasil, maka akan muncul pemberitahuan bahwa Judul Label yang baru tersebut telah ditambahkan.
  • Untuk menghapus Judul Label yang sebelumnya akan Anda ubah, silakan Anda kembali mengeklik pada bagian “Semua Label” lalu klik Judul Label yang baru Anda tambahkan tadi.
cara mengubah judul label blog-6
  • Centang ulang semua POS yang Anda centang saat pertama akan menambahkan Judul Label Baru.
  • Selanjutnya, cari dan klik pada Judul Label yang ingin Anda Hapus. Lakukanlah dengan teliti karena setelah mengeklik Judul Label tersebut, maka dengan otomatis Judul Label yang terklik akan terhapus.
cara mengubah judul label blog-7

Demikianlah artikel tentang “Cara Mengubah Judul Label Pada Blog”, semoga artikel ini menarik dan bermanfaat untuk Anda.

Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

2 comments:

  1. terimakasih informasinya,, sukses selalu gan
    http://obattradisionalacemaxs.net/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sobat liya alycia, sama-sama terima kasih.
      semoga artikel tentang cara mengubah judul label pada blog bermanfaat untuk anda.... :)

      Delete