Sunday, August 24, 2014

Tidur Bisa Turunkan Berat Badan

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan cara mendapatkan tidur dalam waktu yang cukup. Para ahli mengatakan bahwa jika Anda ingin menurunkan berat badan Anda, maka Anda perlu mendapatkan atau memperoleh tidur yang cukup. Bahkan beberapa peneliti melaporkan bahwa wanita yang tidur selama lima jam atau kurang setiap malamnya, pada umumnya memiliki berat badan yang lebih berat dibandingkan dengan wanita yang tidur selama tujuh jam setiap malamnya.

Pada tahun 2006, penemuan ini telah dipaparkan melalui American Thoracic Society International Conference. Dipaparkan bahwa wanita yang tidur selama lima jam setiap malamnya, 32 persen dari wanita tersebut akan berpeluang untuk mengalami kenaikan berat badan dan 15 persen akan lebih cenderung menjadi lebih gemuk, dibandingkan dengan wanita yang tidur selama tujuh jam setiap malamnya. Wanita yang tidur selama lima jam setiap malamnya akan mengalami kenaikan berat badan sebesar 12,32 kilogram dalam waktu enambelas tahun ke depan. Sedangkan wanita-wanita yang tidur selama enam jam setiap malamnya, duabelas persen dari wanita tersebut akan mengalami kenaikan berat badan dan enam persen akan lebih cenderung menjadi gemuk, dibandingkan dengan wanita-wanita yang tidur selama tujuh jam setiap malamnya. Ini merupakan studi terbesar untuk melacak efek dari kebiasaan tidur pada penambahan berat badan dari waktu ke waktu.


cara menurunkan berat badan

Wanita-wanita tersebut pertama kali dipantau pada tahun 1986. Mereka melaporkan berat badan mereka setiap dua tahun dan dilaporkan selama enambelas tahun. Pada awal penelitian, para wanita yang tidur selama lima jam atau kurang setiap malamnya, setelah ditimbang mereka rata-rata memiliki berat badan seberat 2,02 kilogram yang lebih dibandingkan dengan berat badan wanita-wanita yang tidur selama tujuh jam setiap malamnya. Ketua peneliti Sanjay Patel, MD (Asisten Profesor Kedokteran di Case Western Reserve University di Cleveland, OH) mengatakan bahwa ini adalah berat rata-ratanya. Beberapa wanita memiliki berat badan lebih dari 2,02 kilogram. Dan perlu Anda ketahui bahwa perbedaan yang kecil sekalipun dalam berat badan dapat meningkatkan risiko seseorang dari masalah kesehatan seperti diabetes dan hipertensi.

Wanita yang mendapatkan waktu tidur yang kurang setiap malamnya, juga akan kurang mengonsumsi makanan. Petel berkata bahwa pada penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa setelah hanya beberapa hari dari pembatasan waktu tidur, hormon yang mengontrol nafsu makan menyebabkan orang menjadi lapar. Jadi para peneliti pikir bahwa wanita yang kurang mendapatkan tidur setiap malamnya mungkin akan mengomsumsi makanan lebih banyak. Akan tetapi pada kenyataannya, wanita yang kurang mendapatkan waktu tidur juga akan mengomsumsi makanana lebih sedikit. Hal tersebut menunjukkan bahwa nafsu makan tidak bisa diperhitungkan pada kenaikan berat badan wanita yang mendapatkan waktu tidur yang kurang.


Petel mengungkapkan bahwa dia tidak mempunyai jawaban tentang kenapa tidur yang kurang bisa menyebabkan kenaikan berat badan, namun ada beberapa kemungkinan yang perlu dipelajari lebih lanjut. Tidur yang kurang setiap malamnya dapat mempengaruhi perubahan tingkat metabolisme basal seseorang. Metobolisme basal merupakan jumlah kalori yang terbakar pada saat Anda beristirahat. Mungkin, apabila Anda mendapatkan waktu tidur yang kurang, Anda juga akan kurang bergerak sehingga kalori dalam tubah Anda lebih sedikit yang terbakar.


Menurut National Sleep Foundation, rata-rata wanita hanya mendapatkan enam setengah jam tidur setiap malamnya. Kurang tidur kronis dapat menimbulkan berbagai efek pada metabolisme dan kesehatan Anda dengan cara menyeluruh diantaranya :

  • mengganggu kemampuan tubuh untuk metabolisme karbohidrat dan menyebabkan gula darah meningkat tinggi, yang mengarah ke tingkat insulin yang lebih tinggi dan penyimpanan lemak tubuh yang lebih besar.
  • Mengurangi tingkat hormon pertumbuhan, sebuah protein yang membantu mengatur proporsi lemak tubuh dan otot.
  • Dapat menyebabkan resistensi insulin dan berkontribusi terhadap peningkatan risiko diabetes.
  • Menurunkan tingkat leptin yang menyebabkan tubuh membutuhkan karbohidrat.
  • Dapat meningkatkan tekanan darah.
  • Dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.
Salah satu cara jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda harus memastikan bahwa Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup. Selain waktu tidur yang cukup, baiknya Anda juga mengikuti program diet dan olahraga yang sehat. Untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, Anda harus tidur selama tujuh jam atau lebih dalam setiap malamnya.

Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment