Monday, October 13, 2014

Definisi Hipnotis

James Braid adalah seorang dokter ternama di Inggris yang hidup antara tahun 1975 - 1860 dan merupakan orang pertama yang memperkenalkan kata “Hypnosis” (Hipnotis). Sebelum zaman James Braid, hipnotis dikenal dengan nama Mesmerism. Selain istilah hipnotis, mungkin Anda juga pernah mendengar istilah hipnoterapi atau hypnotherapy. Letak perbadaan istilah tersebut adalah : Hipnoterapi merupakan sebuah teknik terapi pikiran menggunakan hipnotis. Seseorang yang bisa menghipnotis untuk tujuan apapun, disebut hypnotist. Sedangkan orang yang ahli dalam menggunakan hipnotis untuk melakukan terapi disebut dengan hypnotherapist. Seseorang yang bisa menghipnotis, belum tentu ia bisa melakukan hipnoterapi dengan benar dan efektif. Jadi, tidak semua hypnotist adalah hipnoterapist, akan tetapi jika ia tergolong hipnoterapist maka sudah pasti ia juga termasuk hypnotist.

Hipnotis atau Hypnosis berasal dari kata “hypnos”. Hypnos merupakan sebuah nama dewa tidur orang Yunani. Untuk Anda ketahui, bahwa keadaan hipnotis tidaklah sama dengan tidur. Seseorang yang sedang tidur, tidak menyadari dan tidak bisa mendengar suara-suara di sekitarnya. Namun sesorang yang dalam keadaan hipnotis, walaupun tubuhnya beristirahat seperti layaknya orang yang sedang tidur, namun ia masih bisa mendengar dengan jelas serta menanggapi informasi yang sedang diterimanya.

hipnotis

Hipnotis telah dipelajari dengan cara ilmiah sejak lebih 200 tahun yang lalu. Banyak studi klinis dan eksperimental yang mencoba untuk menentukan tentang apa yang paling unik dari hipnotis dibandingkan dengan fenomena mental lainnya. Keunikan tersebut perlu dipahami untuk merumuskan sebuah definisi hipnotis yang akurat. Akan tetapi hingga sekarang ini, definisi hipnotis yang diungkapkan oleh semua tokoh masih berbeda-beda. Semua orang setuju tentang adanya sesuatu yang dinamakan hipnotis, tetapi masih terjadi juga perbedaan pendapat tentang definisi dari hipnotis.

Di bawah ini beberapa definisi tentang hipnotis yang pernah diungkapkan di antaranya adalah :
  • Hipnotis adalah merupakan sebuah kondisi yang menyerupai tidur dan dapat dengan sengaja dilakukan kepada seseorang, dimana seseorang yang dihipnotis tersebut bisa menjawab pertanyaan yang diajukan juga menerima sugesti dengan tanpa perlawanan.
  • Hipnotis adalah merupakan sebuah teknik atau praktek dalam mempengaruhi orang lain agar bisa masuk ke dalam kondisi trance hypnosis.
  • Hipnotis adalah merupakan sebuah kondisi di mana perhatian menjadi sangat terpusat sehingga tingkat sugestibilitas (daya terima saran) meningkat menjadi sangat tinggi.
  • Hipnotis adalah merupakan seni komunikasi untuk mempengaruhi seseorang sehingga bisa mengubah tingkat kesadarannya. Hal tersebut dicapai dengan cara menurunkan gelombang otak dari Beta menjadi Alpha dan Theta.
  • Hipnotis adalah merupakan seni komunikasi untuk mengeksplorasi alam bawah sadar seseorang.
  • Hipnotis adalah merupakan kondisi kesadaran yang meningkat.
Semua definisi tersebut di atas adalah benar karena menandakan salah satu atau beberapa gejala dari kondisi hipnotis. Namun apa yang diungkapkan diatas belum bisa mencerminkan apa yang paling unik dari hipnotis yang berbeda dari kondisi mental lainnya. Karenanya, pada umumnya orang memilih menggunakan definisi hipnotis yang didefinisikan oleh U.S. Department of Education, Human Services Division yang mengatakan bahwa: “Hypnosis is the bypass of the critical factor of the conscious mind followed by the establishment of acceptable selective thinking” yang jika diterjemahkan, kedalam bahas Indonesia kurang lebih berarti “Hipnotis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran atau sugesti”.

Demikianlah Artikel tentang “Definisi Hipnotis”, semoga bermanfaat untuk Anda.

Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment