Wednesday, September 10, 2014

Berbagai Manfaat Daun Sirih

Sirih merupakan tanaman yang tumbuh merambat pada batang pohon lain. Tanaman sirih dikenal orang sejak zaman dahulu, bahkan nenek moyang kita biasa memakan daun sirih karena menganggapnya berkhasiat untuk menguatkan gigi.

Tanaman sirih tergolong mudah tumbuh hingga bisa ditanam dimana pun, walau sebetulnya tanaman sirih sangat cocok jika ditanam pada daerah beriklim panas. Selama ini orang memperbanyak tanaman sirih dengan cara stek dan juga bisa dengan cara menanam bijinya.

Di daerah-daerah pedesaan, sirih ditanam orang tidak sekedar dijadikan pengisi halaman melainkan juga sebagai tanaman yang akan digunakan sebagai obat. Berikut ini beberapa manfaat dari daun sirih adalah sebagai berikut :


manfaat daun sirih

Daun sirih bisa mencegah dan mengobati sakit mata

Mata Anda kurang cerah, agak bengkak, atau menderita sakit mata ringan ? Ambillah beberapa lembar daun sirih, lalu rebuslah hingga warna airnya menjadi kemerah-merahan. Diamkan sampai setengah atau satu hari. Kemudian, saringlah airnya dan masukkan ke dalam gelas hingga penuh. Lebih bagus lagi kalau menggunakan gelas khusus untuk mencuci mata. Selanjutnya, dekatkan mata Anda hingga menyentuh permukaan air daun sirih yang telah disaring tadi. Lakukan ini sambil mengedip-ngedipkan mata. Dilakukan pada pagi hari hingga dua atau tiga hari.

Daun sirih bisa mengurangi sakit gigi

Sakit gigi yang sangat menjengkelkan bisa dikurangi dengan cara berkumur-kumur air rebusan daun sirih. Ambillah beberapa lembar daun sirih yang sudah tua. Rebus hinnga airnya berwarna kemerah-merahan, lalu diamkan beberapa saat sampai airnya hangat suam-suam kuku. Berkumurlah menggunakan air daun sirih tersebut berulang-ulang hingga rasa sakit gigi berkurang. Selain mengurangi rasa sakit gigi, ini juga bermanfaat untuk mengurangi bau mulut yang tidak sedap.

Daun sirih bisa menghentikan mimisan

Mimisan dapat dihentikan dengan cara menyumbatkan daun sirih ke hidung yang mengucurkan darah.billah selembar daun sirih, cuci bersih lalu dilipat melintang menjadi dua dan pilinlah sebelum disumbatkan ke hidung.

Daun sirih bisa mengusir semut

Untuk mencegah makanan yang manis-manis dari serbuan semut, Anda bisa mengatasi dengan cara meletakkan beberapa helai daun sirih tua pada sekitar makanan tadi. Dengan cara ini, semut akan menjauhi makanan tersebut.

Daun sirih bisa mengobati batuk

Untuk Anda yang sedang mengalami batuk-batuk ringan dan belum sempat ke dokter, Anda bisa mengatasinya dengan daun sirih. Ambillah tiga helai daun sirih, tambahkan adas pulowaras, gula batu, kupulaga, dan sedikit cengkeh. Rebuslah dengan dua gelas air hingga airnya tersisa satu gelas. Minumlah satu gelas air rebusan tadi.

Daun sirih bisa menghilangkan bau badan

Bau badan yang sering menggangu dalam pergaulan. Untuk mengatasi bau badan tersebut, ambillah beberapa helai daun sirih. Selanjutnya, tumbuk hingga halus daun sirih tersebut dan oleskan pada ketiak. Biarkan beberapa saat hingga meresap. Lalu bersihkan kembali ketiak dengan sabun mandi.

Daun sirih bisa mengurangi gatal-gatal keputihan

Keputihan yang keluar terlampau banyak sering menimbulkan gatal-gatal. Untuk menghilangkan gatal-gatal tersebut, Anda dapat memanfaatkan rebusan daun sirih. Ambillah beberapa lembar daun sirih yang sudah tua. Rebuslah hingga airnya berwarna kemerah-merahan. Diamkan sejenak hingga airnya suam-suam kuku. Pakailah air rebusan tersebut membilas pada bagian kewanitaan Anda.

Daun sirih bisa membersihkan muka

Muka yang berjerawat atau pun kasar bisa dihaluskan kembali menggunakan daun sirih. Untuk menghaluskan muka yang berjerawat atau muka yang kasar, gunakanlah air rebusan daun sirih untuk membasuh muka pada pagi hari setelah bangun dari tidur.

Demikianlah beberapa manfaat atau khasiat dari daun sirih. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai keluhan atau penyakit yang sedang diderita.


Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

2 comments:

  1. trima kasih infonya sangat bermanfaat g-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama... :D
      terima kasih juga atas kunjungan dan komentar nya pada blog berbagai artikel menarik ini.

      Delete