Saturday, October 4, 2014

Jamu Dan Khasiatnya Bagi Wanita

Jamu terbuat dari bahan-bahan alami berupa bagian dari tumbuhan seperti akar-akaran, daun-daunan, kulit batang, atau  buah. Jamu merupakan sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia yang belakangan populer dengan sebutan herbal.

Orang-orang pada umumnya memaklumi bahwa meminum jamu tertentu dengan teratur merupakan salah satu cara yang diterapkan untuk perwatan kesehatan. Nenek moyang kita dahulu mengetahui khasiat dari jamu dengan cara coba-coba. Percobaan tersebut diterapkan dengan cara turun-temurun. Ramuan jamu yang dikenal orang sebelumnya, diyakini memiliki kemanjuran sehingga para pemakai jamu kebayakan tidak berani mengubah ramuan tersebut serta sangat mempercayai khasiatnya.


jamu

Berbagai macam jamu yang umum orang kenal misalnya jamu langsing, jamu habis bersalin, jamu untuk jerawat, dan lain sebagainya. Untuk memperjelas pengertian susunan bahan jamu yang terkandung di dalamnya, berikut ini adalah khasiat dari bahan utama jamu.

Bangle. Bangle biasanya terdapat dalam jamu langsing, yang berjhasiat untuk memperbanyak keluarnya air kencing serta berfungsi untuk mengeluarkan gas-gas yang ada di dalam tubuh (mengempiskan perut kembung). Khasiat lainnya adalah untuk memperkuat pergerakan otot-otot rahim sehingga rasa mules yang diderita pada saat datang bulan dapat dikurangi. Juga biasanya digunalan oleh ibu-ibu yang habis melahirkan.


Lempuyang. Lempunyang berkhasiat untuk memperbaiki selera makan, memperbaiki sistim pencernaan makanan, memperlancar buang air besar, sehingga diyakini jika tidak akan menimbulkan jerawat.


Temu Lawak. Temu Lawak berkhasiat untuk memperlancar pencernaan. Bagi anak-anak, Temu Lawak berkhasiat untuk menambah nafsu makannya. Air perasan Temu Lawak, jika diminum dengan dosis besar dapat berguna sebagai obat urus-urus sehingga Temu Lawak ini digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat jamu langsing.


Temu Hitam. Temu Hitam sering digunakan juga pada pembuatan jamu langsing dan jamu habis bersalin. Temu Hitam berkhasiat untuk membunuh kuman-kuman. Kadang juga digunakan untuk mengobati koreng.


Kunyit. Kunyit berkhasiat untuk memperbaiki pencernaan terutama untuk pengeluaran kelenjar empedu diperlancar. Khasiat lain dari kunyit adalah sebagai zat pembunuh kuman pada kulit atau usus. Kunyit juga berkhasiat untuk meredakan pergerakan usus, biasanya digunakan sebagai obat mencret.


Beluntas. Beluntas berkhasiat untuk menghilangkan bau badan dan bau mulut. Daun beluntas juga sering dicampur dalam jamu godongan untuk mewangikan jamu tersebut.


Kencur. Kencur mengandung zat kimia yang berkhasiat untuk menghilangkan rasa sakit terutama rasa sakit akibat berjalan jauh, kena benturan, atau sakit perut.


Asam Jawa. Asam Jawa mempunyai khasiat sebagai obat urus-urus dan sebagai obat penurun panas.


Jahe. Jahe berkhasiat untuk melancarkan pencernaan, memperbaiki selera makan, serta digunakan sebagai obat gosok karena pada jahe terdapat kandungan minyak terbang yang befungsi untuk meredakan mules dan rheumatik.


Cabe Areuy. Berkhasiat untuk menghangatkan tubuh pada pemasukan kalori yang sedikit.


Demikianlah artikel “Jamu Dan Khasiatnya Bagi Wanita”, semoga bermanfaat untuk Anda.


Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment