Monday, October 6, 2014

Cara Menjaga Kesehatan Jiwa dan Fisik

Jiwa yang tidak sehat biasanya akan mengakibatkan penderitanya menjadi tidak produktif dalam banyak hal. Karenanya, Kesehatan jiwa seseorang merupakan hal yang penting untuk dijaga agar tetap sehat.  Mungkin Anda pernah mengalami suasana dimana Anda merasa tidak nyaman seperti merasa cemas, takut, stres, dan lain sebagainya. Pada umumnya perasaan-perasaan tersebut akan hilang dengan sendirinya sejalan dengan berjalannya waktu, akan tetapi terkadang perasaan-perasaan tersebut dapat berkembang menjadi masalah yang serius pada setiap orang.

Sedangkan kesehatan fisik, juga merupakan bagian yang penting untuk dijaga dan perlu mendapatkan perhatian yang khusus. Fisik dikatakan sehat sehat jika seluruh organ tubuh berada dalam kondisi yang optimal serta dapat berfungsi normal yang bisa diukur melalui parameter nilai-nilai dari tanda-tanda vital tubuh misalnya denyut nadi, tekanan darah, dan lain sebagainya.


kesehatan jiwa dan fisik

kesehatan jiwa dan fisik dalam diri seseorang adalah hal penting untuk dilakukan agar bisa menjalani hidup yang seimbang untuk mencapai kesejahteraan hidup. Orang yang memiliki jiwa dan fisik yang sehat akan meraih kesuksesan dan kedamaian dalam hidupnya. Berikut ini ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jiwa dan kesehatan fisik Anda :
  • Katakan, “Aku Sayang Padamu” paling sedikit satu kali dalam sehari pada orang yang paling Anda kasihi. Dan yakinlah bahwa mereka juga bersikap yang sama terhadap Anda. Kalimat “Aku Sayang Padamu” ini mampu membuat Anda menjadi merasa dibutuhkan. Mengetahui bahwa masih ada yang mencintai Anda, dan akan membuat Anda terhindar dari Stres.
  • Berolahragalah dua atau tiga kali seminggu hingga Anda merasa hangat dan segar. Jika Anda tidak sampai berkeringat, berarti kegiatan ini belum banyak mendapatkan manfaat bagi tubuh. Tentunya, jika Anda memiliki penyakit berat, untuk melakukan olahraga yang tepat Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dikter.
  • Sisihkan waktu dalam sehari untuk diri sendiri. Lakukan kegiatan yang menyenangkan misalnya berenang, berjalan-jalan, duduk-duduk di teras, membaca buku, atau mendengar lagu-lagu kesayangan Anda.
  • Untuk menjaga kesehatan, terutama ginjal Anda, minumlah air putih setidaknya dua liter sehari.
  • Buah pisang juga baik untuk tubuh Anda, karena mengandung banyak vitamin dan serat. Buah Pisang juga tidak banyak mengandung kalori sehingga tidak akan membuat Anda gemuk.
  • Janganlah terlalu serius memikirkan segala sesuatunya. Hal ini hanya akan membuat Anda tegang.
  • Hiduplah dengan efesien. Jangan menggunakan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Lebih baik menggunakan waktu yang luang untuk bersantai, berolahraga, atau berkomunikasi dengan keluarga.
  • Jika Anda ingin beristirahat, jangan segan untuk mengatakan pada siapa pun yang sekiranya akan mengganggu Istirahat Anda.
  • Kebiasaan menulis di buku harian bisa membantu Anda untuk mengurangi kekesalan-kekesalan sehari-hari.  Menulis di buku harian juga akan banyak membantu mengingatkan Anda pada rencana-rencana tertentu.
  • Jika Anda sedang kesal, sebaiknya melakukan kegiatan yang menguras tenaga misalnya menyikat ubin kamar mandi, mencabuti rumput, atau mengepel. Menyalurkan kekesalan dengan cara ini lebih bermanfaat dari pada Anda harus berteriak-teriak memaki orang lain.
Demikianlah artikel “Cara Menjaga Kesehatan Jiwa dan Fisik”, semoga menarik dan bermanfaat untuk Anda.

Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment