Tuesday, October 7, 2014

Sembuhkan Cacar Air Dengan Daun Jarak

Daun jarak ternyata digunakan oleh orang tua kita dahulu sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit cacar air pada anak-anak mereka. Melalui Blog “Berbagai Artikel Menarik” ini saya iingin membagi artikel menarik tentang bagaimana cara mengobati cacar air dengan menggunakan daun jarak, namun pun demikian saya berharap semoga Anda sekeluarga dalam keadaan sehat.

Cacar air atau Varicella simplex merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Penderita cacar air pada awalnya akan mengalami gejala demam, pilek, sakit kepala, bahkan juga kadang-kadang timbul rasa nyeri pada persendian. Beberapa hari kemudian, biasanya timbul bercak merah pada kulit yang berukuran kecil. Kemerahan pada kulit tersebut akan berubah menjadi lenting yang berisi cairan dan berdinding tipis. Biasanya menimbulkan rasa nyeri bahkan menimbulkan rasa gatal. Lenting tersebut jika dibiarkan maka akan mongering dengan sendirinya dan walaupun meninggalkan bercak kulit yang kelihatan lebih gelap, namun lama kelamaan akan hilang. Tetapi, jika lenting tersebut digaruk hingga pecah maka biasanya akan akan mongering dalam waktu yang lebih lama. Juga akan mempermudah terjadinya infeksi bakteri pada bekas luka yang digaruk tersebut, sehingga setelah mongering biasanya akan meninggalkan bekas yang dalam. Apalagi jika sipenderita sudah tergoleng dewasa, bekasnya akan lebih sulit hilang.


Sedangkan tumbuhan Jarak merupakan tanaman perdu, merupakan spesies tanaman dari Euphorbiaceae dan tergolong ke dalam genus Ricinus, subtribe Ricininae. Bentuk batangnya bulat licin, berongga, berbuku-buku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas. Daunnya tumbuh berseling berbentuk bulat dan ujungnya sedikit runcing. Biasanya daun jarak berwarna hijau tua pada permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah.


daun jarak bisa obati cacar air

Bagaimana Daun Jarak bisa digunakan untuk mengobati Cacar Air ? Berikut ini cara yang dilakukan oleh Ibu Sudharya di Bali untuk mengobati cacar air yang diderita anaknnya hingga cacar tesebut bisa sembuh. Beberapa waktu yang lalu, anak dari ibu Sudharya tiba-tiba rewel sambil menggaruk-garuk kulitnya. Setelah memperhatikan kulit anaknya, ternyata di badannya muncul bisul-bisul pada hampir seluruh permukaan kulit yang tidak kena baju. Pada awalnya, ia mengira jika diakibatkan oleh ulat. Namun lama kelamaan malah bercak tersebut malah tumbuh pada bagian muka anaknya. Akhirnya, ia memutuskan untuk membawa anaknya ke dokter.

Oleh dokter, penyakit anaknya adalah sejenis cacar air. Betapa terkejutnya setelah mendengarkan jika anaknya terkena penyakit cacar air. Setelah diberikan obat dan di injeksi, ibu Sudharya agak lega. Dua hari berikutnya, ia kembali memerikasakan anaknya. Tetapi belum ada juga tanda-tanda kesembuhan. Seketika, ia ingat pengobatan tradisional yang biasa dilakukan warga di kampungnya jika ada warga yang terkena penyakit cacar air.


Ibu Sudharya cepat-cepat memetik daun jarak yang biasa dijadikan pagar sebanyak 5 lembar. Daun jarak tersebut direbusnya dengan air hingga setengah matang. Air rebusan daun jarak tersebut digunakan untuk memandikan anaknya dan menggunakan daun jarak yang direbus tadi sebagai pengganti sabun. Ia melakukannya pada pagi dan sore hari selama 3 hari berturut-turut. Alhasil, anaknya sudah tidak menggaruk-garuk lagi dan akhirnya bisul-bisulnya juga mongering dan hilang sama sekali.


Demikianlah artikel “Sembuhkan Cacar Air Dengan Daun Jarak”, semoga bermanfaat untuk Anda.


Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment