Sunday, December 17, 2017

Mengenal Mengkudu Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengkudu (Morinda citrifolia) berasal dari daerah Asia Tenggara yang tergolong dalam famili Rubiaceae (suku tumbuhan berbunga). Mengkudu tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Memiliki bunga bongkol berwarna putih, yang tinggi pohonnya berkisar antara 3 hingga 8 m. Buah mengkudu yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol. Sedangkan buah mengkudu yang sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Sejak 1500 tahun yang lalu, penduduk di kepulauan Hawaii mengenal mengkudu dengan sebutan Noni. Mereka menganggap mengkudu sebagai Hawaii magic plant karena buah mengkudu dipercaya bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Mengkudu (Morinda citrifolia) tergolong dalam famili Rubiaceae (suku tumbuhan berbunga) ternyata memiliki berbagai khasiat dan manfaat lainnya bagi kesehatan.

Zat-zat apa saja yang terkandung dalam mengkudu? Beberapa sumber telah mengungkapkan bahwa zat-zat yang terkandung dalam mengkudu adalah sebagai berikut:
  1. Mengkudu mengandung zat nutrisi. Mengkudu se-cara keseluruhan merupakan buah makanan yang bergizi lengkap. Protein, viamin, dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, tersedia dalam jumlah cukup pada buah maupun daun mengkudu. Salah satu mineral yang termasuk antioksidan yakni selenium, juga terdapat pada mengkudu.
  2. Mengkudu mengandung Zat Terpenoid. Terpenoid sangat membantu dalam proses sintesis organic serta pemulihan sel-sel tubuh.
  3. Mengkudu mengandung zat anti bakteri. Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi. Diantaranya adalah: Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, maupun Escherichia coli. Zat anti bakteri yang terkandung dalam mengkudu juga mampu mengontrol bakteri pathogen (mematikan). Seperti: Salmonella montivideo, S.scotmuelleri, S.typhi, Shigella dusenteriae, S.flexnerii, S.pradysenteriae, maupun Staphylococcus aureus.
  4. Mengkudu mengandung senyawa scolopetin, dimana senyawa ini sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.
  5. Mengkudu mengandung zat anti kanker yang  paling efektif melawan sel-sel abnormal.
  6. Mengkudu mengandung salah satu alkaloid penting yakni xeronine. Kendatipun mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, namun mengkudu banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine atau proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine ini, diserap oleh sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, serta mengatur struktur / bentuk sel yang aktif.
Manfaat Lain Buah Mengkudu Bagi Kesehatan
Mengkudu ternyata memiliki berbagai khasiat dan manfaat lainnya bagi kesehatan, diantaranya adalah untuk menurunkan demam, mengurangi rasa sakit akibat  arthritis (peradangan sendi), mengurangi risiko encok, melindungi risiko kerusakan akibat stroke, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, menurunkan gula darah, mengurangi stres, mencegah kanker, juga mampu mengobati iritasi pada kulit kepala.

Mengkudu mampu mengurangi rasa sakit akibat dari arthritis (peradangan sendi)
  • Dengan mengonsumsi jus mengkudu setiap hari, penderita arthritis (peradangan sendi) akan mengurangi rasa sakit yang timbul akibat peradangan tersebut seminimal mungkin. Hal ini disebabkan karena jus mengkudu memiliki sifat analgesik.Salah satu Tim Peneliti di Jerman telah mengungkapkan bahwa khasiat analgesik pada jus mengkudu ditemukan sebanding dengan tramadol. Tramadol adalah obat analgesik yang digunakan untuk mengobati rasa sakit akibat dari arthritis. Bahkan ada beberapa penderita arthritis menggunakan daun mengkudu dengan cara membungkuskannya pada bagian yang sakit untuk mengurangi rasa sakit tersebut.
Mengkudu berkhasiat untuk melindungi risiko kerusakan akibat stroke
  • Periset di Universitas Kobe Gakuin Jepang melakukan uji lab dan mempublikasikan temuan mereka dalam buletin Biological and Pharmaceutical pada tahun 2009. Mereka mengunkapkan bahwa jus mengkudu dapat membantu melindungi kerusakan yang ditimbulkan akibat stroke.
Mengkudu berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Kandungan scopoletin yang terdapat dalam buah mengkudu memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, antijamur dan anti-histamin yang mampu meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.
Mengkudu berkhasiat untuk mengurangi risiko encok
  • Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa jus mengkudu mampu mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga bisa menurunkan risiko encok. Encok adalah sejenis arthritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada persendian.
Mengkudu bermanfaat untuk menurunkan kolesterol
  • The Scientific World Journal edisi 2012 menyatakan bahwa mengonsumsi 29 sampai 188 mililiter jus mengkudu bisa mengurangi total kolesterol dalam jumlah besar dan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan tinggi. Lipoprotein kepadatan tinggi adalah bentuk kolesterol yang baik. Jus mengkudu juga mampu mengurangi low-density lipoprotein, bentuk kolesterol yang buruk.
Mengkudu mampu menurunkan gula darah
  • Periset di Universitas Hindia Barat melakukan sebuah penelitian dan mengungkapkan bahwa buah mengkudu memiliki sifat penurun gula darah. Studi tersebut menemukan bahwa mengkudu efektif sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan melalui jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine Oktober 2010.
Mengkudu mampu mengurangi stres
  • Jus mengkudu mampu membantu dalam mengatasi stres dan mengurangi dampak stres pada fungsi kognitif otak. Penyataan ini telah diungkapkan oleh salah seorang ahli nutrisi klinis, yakni Byron J. Richards.
Mengkudu mampu mencegah kanker
  • Mengkudu diketahui mengandung beragam antioksidan yang mampu memerangi risiko terhadap kanker. Mengkudu memiliki sifat stimulasi kekebalan tubuh yang sangat bermanfaat untuk melawan tumor. National Cancer Institute bahkan mendanai penelitian awal tentang manfaat buah mengkudu dalam pencegahan dan pengobatan kanker payudara.
Mengkudu bermanfaat untuk mengobati iritasi pada kulit kepala
  • Berbagai pakar kesehatan telah menyepakati bahwa buah mengkudu mengandung sifat anti bakteri dan anti jamur, sehingga dengan demikian buah mengkudu bisa digunakan untuk membantu mengatasi iritasi pada kulit kepala.
Mengkudu bermanfaat untuk menurunkan demam
  • Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa jus mengkudu memiliki sifat antivirus yang bermanfaat untuk membantu menyingkirkan batuk, menurunkan demam, serta mengobati badan pegal linu.
Demikianlah artikel tentang: Mengenal Mengkudu Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment