Tuesday, October 14, 2014

Cara membuat daftar isi otomatis pada blog

Salah satu fungsi dari pada daftar isi adalah memudahkan bagi pembacanya untuk mencari artikel apa yang diperlukan atau dibutuhkan untuk mereka baca.

Bisa Anda bayangkan bagaimana jika Anda mendapatkan sebuah buku cetak yang mempunyai ratusan halaman, dan pada buku tersebut ternyata tidak mempunyai daftar isi.

Anda pasti akan menjadi susah untuk mengetahui apa-apa saja yang ada pada buku tersebut. Bahkan bisa jadi,"kutu buku" sekali pun akan menjadi muak atau bosan dengan buku tersebut.

Begitupun pada website (baik blog atau yang lainnya ). Website atau Blog yang sudah memiliki puluhan bahkan ratusan Artikel yang telah dipublikasikan, sebaiknya memiliki sebuah halaman yang memuat daftar isi dari Artkel apa saja yang telah dipublikasikan pada Blog atau Website tersebut. Menurut para "webmaster", halaman daftar isi bertujuan untuk memudahkan para pengunjung pada website atau blog Anda untuk melihat Artikel yang telah Anda publikasikan, dan juga bisa menjadikan website atau blog Anda menjadi "SEO" (Seach Engine Optimization).
membuat daftar isi otomatis pada blog
Kalau tujuan dari halaman daftar isi tersebut untuk memudahkan pengunjung mengetahui Artikel apa saja yang telah Anda publikasikan pada  blog Anda, sebagai orang awam saya percaya. Tetapi hubungannya dengan SEO (Seach Engine Optimization), sebaiknya Anda tanyakan langsung pada webmaster.

Kembali pada judul Artikel "Cara membuat daftar isi otomatis pada blog", melalui blog "Berbagai Artikel Menarik" ini, saya ingin membagi Artikel untuk Anda tentang bagaimana cara membuat sebuah halaman daftar isi yang bekerja secara otomatis pada blog Anda. Saya sendiri berpendapat bahwa halaman "daftar isi" tersebut merupakan bagian yang perlu diterapkan pada Blog atau Website sebelum mencapai jumlah puluhan atau bahkan ratusan Artikel yang telah dipublikasikan

Dalam hal membuat halaman daftar isi, langkah pertama yang Anda lakukan adalah membuat kategori dari Artikel yang telah dipublikasikan pada Blog Anda. Bagaimana cara membuat kategori tersebut ? Anda bisa membuat-nya dengan mengikuti cara atau langkah-langkah berikut ini :
  • Login ke akun blogAnda.
  • Pilih "tata letak" atau "layout".
  • Pilih "tambahkan gadget".
  • Pilih "labels".
  • Berikan judul pada gaget labels tersebut misalnya "Kategori".
  • Klik "simpan" atau "save".
Pada tahap ini, Blog Anda telah memiliki widget labels dengan judul "Kategori". Nah sekarang, untuk memunculkan atau mengisi tampilan kategori-kategori apa saja yang ada pada widget labels yang Anda telah pasang tadi, silahkan pilh "pos" pada akun blog Anda. Misalkan Anda ingin memasukkan kategori "tutorial blog", centanglah entri-entri pos yang Anda telah publikasikan ( tentunya entri posting yang yang berhububgan dengan artikel blog). Selanjutnya sorot mause ke arah tanda yang berada tepat disamping kiri tombol "publikasikan". Klik tanda tersebut lalu ketikkan kategori "tutorial blog". Maka akan muncullah "tutorial blog" pada widget  labels yang Anda telah pasang tadi. Pada dasarnya Anda dalam hal ini mengelompokkan atau mengkategorikan dari entri-entri post Artikel yang telah Anda publikasikan. Anda bisa memasukkan beberapa judul pada widget labels tersebut.
Cara membuat daftar isi pada blog
Setelah Anda membuat widget "labels" dengan baik, tahap selanjutnya adalah membuat sebuah halaman daftar isi yang bekerja secara otomatis dengan cara sebagai berikut :
  • Masih pada akun blog Anda, silahkan klik menu "laman".
  • Klik "laman baru" lalu klik "laman kosong" untuk menambahkan teks dan media.
  • Pada "laman kosong",Jangan lupa masukkan judul laman misalnya "Daftar Isi".
  • Setelah memasukkan judul laman, klik "HTML" yang berada pas di samping kanan "Compose".
  • Setelah mengeklik "HTML", silakan Anda masukkan kode script di bawah ini:
<style>
p.labels a{color: #242424; text-transform: uppercase;font-size: 15px;}
a.post-titles {color: #0000FF;}
ol li{list-style-type:decimal;line-height:25px;}
</style>
<script type="text/javascript" src="https://cdn.rawgit.com/oldnewspaper/BlogContent/master/blogcontent.js"></script>
<script src="http://satu-untuk-semuanya.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=bloggersitemap"></script> 
  • Masukkan URL blog Anda pada bagian tulisan yang berwarna merah.
  • Publikasikan laman "Daftar Isi " tersebut, dan jangan lupa mempublikasikannya pada pilihan "HTML".
Jika semua pengaturan di atas telah Anda lakukan dengan baik, maka akan tampillah Halaman "Daftar Isi" yang akan bekerja secara otomatis pada blog Anda.

Demikianlah Artikel tentang "Cara membuat daftar isi otomatis pada blog", yang saya publikasikan pada Blog Berbagai Artikel Menarik. Semoga Artikel ini menarik dan bermanfaat untuk Anda.

Baca juga :
Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

2 comments:

  1. Cara Membuat Daftar isi Blog Keren dan Cantik memang menjadi keinginan para blogger ya sob, hal itu sebagai salah satu penarik pengunjung. oya terima kasih atas artikel yang bermanfaat ini, Salam hangat saya dari www.terwujud.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ibrahim M.Pd.I : Betul sob..,membuat daftar isi pada blog juga mempermudah pengunjun nya untuk mengetahui tentang semua artikel yang telah dipublikasikan pada blog tersebut.
      Salam hangat kembali dari saya dan terima kasih telah berkunjung dan atas komentar nya. :D

      Delete