Tuesday, October 14, 2014

Cara Membuat Posting Terkait Pada Blog

Terkaitnya antara url sebuah posting dengan url lainnya dalam sebuah website atau blog, diyakini mampu untuk tingkatkan jumlah pageviews per visitor.

Dengan meningkatnya jumlah halaman posting yang dikunjungi oleh setiap visitor (pengunjung) pada sebuah website atau blog, tentu akan mengurangi nilai dari bounce rate website atau blog tersebut. Website atau blog yang memiliki nilai bounce rate yang rendah, oleh google sendiri memberikan apresiasi yang cukup baik. Misal, website atau blog yang memiliki nilai bounce rate yang rendah akan diutamakan pada mesin pencarian google dibandingkan dengan website atau blog yang memiliki nilai bonce rate yang tinggi. Juga, website atau blog yang memiliki nilai bounce rate rendah akan berpeluang mendapatkan kenaikan pagerank.
Posting Terkait Pada Blog
Untuk mendapatkan prioritas pada search engine (mesin pencarian) serta mendapatkan kenaikan pegerank, menurut saya bisa didapatkan dengan cara memulai menerapkan keterkaitan url sebuah posting dengan url posting lainnya dalam satu website atau blog. Untuk menerapkan keterkaitan url posting tersebut, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misal, dengan cara menempatkan “Posting Terkait” pada bagian bawah setiap artikel yang dipublikasikan.

Khusus untuk Anda yang memiliki Blog, pada kesempatan ini saya akan membagi artikel menarik tentang bagaimana cara membuat atau menempatkan “Posting Terkait” pada bagian bawah halaman posting Blog Anda. Cara ini juga saya terapkan pada Blog Berbagai Artikel Menarik ini. Anda bisa melihat “Posting Terkait” yang saya pasang pada bagian bawah setiap halaman posting blog ini.
Tampilan Posting Terkait Pada Blog
Jika Anda ingin menerapkan “Posting Terkait” pada bagian bawah halaman posting artikel blog Anda, silakan mengikuti cara di bawah ini :
  • Silakan Login pada akun blogger Anda.
  • Pilih “Template”, lalu klik “Edit Template”.
  • Temukan kode ]]></b:skin> atau kode </style> pada template blog Anda.
  • Setelah menemukannya, masukkan kode di bawah ini tepat di bawah kode ]]></b:skin> atau kode </style>. Kode yang dimasukkan adalah :
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style type="text/css">
#related-posts{float:center; text-transform:none; height:100%; min-height:100%; padding-top:5px; padding-left:5px}
#related-posts h2{font-size:1.6em; font-weight:bold; color:black; font-family:Georgia,Times New Roman,Times,serif; margin-bottom:0.75em; margin-top:0em; padding-top:0em}
#related-posts a{color:black}
#related-posts a:hover{color:black}
#related-posts a:hover{background-color:#d4eaf2}
</style>
<script type='text/javascript'>
var defaultnoimage="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEicSkeo6FipD0qEB4NmaYQea6p6Iy5o_7Tly53XXDO2Mk-ENXfxzxuhpb1ZGrOSMeNcaraPYHbTBlftOlE4F5zG7LnjZgoHuUAsmKqf5bRRbJC5aKOFF0rxeeykTEnmozFe94ulXUt4nGI/s1600/noimage.png";
var maxresults=5;
var splittercolor="#d4eaf2";
var relatedpoststitle="Posting Terkait :";
</script>
<script src='https://cdn.rawgit.com/oldnewspaper/Posting-Terkait/master/postingterkait.js' type='text/javascript'/>
</b:if>
  • Selanjutnya, temukan kode <data:post.body/> pada template blog Anda.
  • Setelah menemukannya, masukkan kode di bawah ini tepat pada bagian bawah kode <data:post.body/>. Jika pada template blog Anda terdapat kode <data:post.body/> yang sama, maka gunakanlah kode <data:post.body/> yang kedua atau yang ketiga. Kode yang harus dimasukkan adalah :
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div id='related-posts'>
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
<b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'>
</b:if>
<script expr:src='&quot;/feeds/posts/default/-/&quot; + data:label.name + &quot;?alt=json-in-script&amp;callback=related_results_labels_thumbs&amp;max-results=8&quot;' type='text/javascript'/></b:loop>
<script type='text/javascript'>
removeRelatedDuplicates_thumbs();
printRelatedLabels_thumbs(&quot;<data:post.url/>&quot;);
</script>
</div>
<div style='clear:both'/>
</b:if>
  • Klik “Preview Template”.
  • Jika preview template telah tampil sempurna, klik “Save Template” untuk menerapkan perubahan pada template blog Anda.
Catatan :
  1. Untuk mengubah jumlah tampilan gambar “Posting Terkait”, silakan Anda edit pada tulisan angka 5 yang berwarna merah yang terletak pada kode pertama. (Maksimal gambar yang bisa ditampilkan adalah 8)
  2. Anda juga bisa mengganti tulisan “Posting Terkait :” sesuai dengan keinginan Anda. Misal, Anda mau mengganti dengan tulisan “Related Posts” atau “Artikel Terkait”. Edit pada kalimat “Posting Terkait :” yang berwarna hijau yang terletak pada kode yang pertama.
Demikianlah Artikel tentang “Cara Membuat Posting Terkait Pada Blog”, yang saya publikasikan pada Blog Berbagai Artikel menarik. Semoga artikel ini menarik dan bermanfaat untuk Anda.

Baca juga :
Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment