Saturday, May 24, 2014

Menggunakan Formulir Google Dokumen Untuk Membuat Contact Form Pada Blog

Pada Artikel yang telah saya bagikan sebelumnya, saya telah membagi Artikel untuk Anda tentang membuat Contact Form dengan menggunakan Gadget bawaan Blogger. Pada Artikel berikut ini, kembali saya akan membagi Artikel yang masih mengenai Contact Form, namun di sini kita akan menggunakan layanan Google Dokumen yang menyediakan salah satu layanannya yaitu Formulir. Formulir tersebut, juga bisa digunakan sebagai Contact Form pada Blog Anda. Bagaimana cara menggunakan formulir Google Dokumen untuk membuat Contact Form pada Blog ? Anda bisa mengikuti cara atau langkah-langkah di bawah ini.
menggunakan google formulir untuk membuat contact form
Sebagai langkah awal, Anda terlebih dahulu membuat formulir pada Google Dokumen. Bagaimana Cara  Membuat Formulir pada Google Dokumen, silakan untuk mengikuti cara atau petunjuk berikut ini :
  • Login pada Akun Google Anda.
  • Scroll kearah bawah pada Akun Google Anda, lalu Pilih “Dokuments”.
cara menggunakan google formulir untuk membuat contact form-1
  • Setelah masuk ke google dokumen, Klik “File”, lalu pilih “Baru”, dan klik “Formulir”. setelah mengeklik “Formulir” maka akan tampil seperti tampilan pada gambar di bawah.
cara menggunakan google formulir untuk membuat contact form-2
  • Pada Judul, masukkan judul formulir (Misalnya “Contact Form”). Lalu Pastikan pada bagian “Tampilkan untuk formulir baru “ telah tercentang. Selanjutnya, silakan Anda klik “Ok”
cara menggunakan google formulir untuk membuat contact form-3
  • Saatnya mengedit formulir yang telah Anda buat tadi. Misalkan Pada formulir tersebut Anda ingin memasukkan (Nama, Email, dan Pesan). Langkah pertama yang Anda lakukan adalah memasukkan “Nama” terlebih dahulu. Untuk memasukkan “Nama”, silakan memasukkannya Pada bagian “Judul Pertanyaan”. Selanjutnya, pada bagian “Teks Bantuan” Anda bisa kosongkan atau juga bisa isi misalnya dengan tulisan (Wajib diisi). Lalu pada bagian “Jenis Pertanyaan”, pilihlah “Teks”. Nah, untuk pengaturan “Nama” ini, jika pada formulir yang akan Anda buat tersebut mengharuskan orang untuk memasukkan nama mereka, maka centanglah pada bagian “Pertanyaan Wajib”. Klik “Selesai” jika semuanya sudah beres.
cara menggunakan google formulir untuk membuat contact form-4
  • Memasukkan “Nama” telah selesai. Selanjutnya kita akan memasukkan “Email”. Untuk memasukkannya, silakan klik pada bagian “Tambahkan Item” lalu pilh “Teks”. Untuk mengedit pengaturannya, silakan Anda mengikuti pengaturan pada saat Anda memasukkan “Nama”, hingga akhirnya Anda mengeklik “Selesai”.
  • Untuk memasukkan “Pesan”, cara memasukkannya juga tetap mengikuti langkah-langkah pada saat memasukkan “Nama” dan “Email”. Hanya saja, pada pengaturan “Jenis Pertanyaan” pilihlah “Teks paragraf”.
  • Periksa kembali isian pada formulir Anda tersebut. Jika sudah sesuai dengan keinginan Anda, silakan Anda klik pada bagian “Kirim Formulir”.
cara menggunakan google formulir untuk membuat contact form-5
  • Setelah Anda mengeklik “Kirim Formulir”, silakan klik lagi pada bagian “Sematkan”.
cara menggunakan google formulir untuk membuat contact form-6
  • Salin atau copy kode yang muncul tersebut ke Word atau Notepad, karena kode tersebut akan digunakan pada saat Anda akan membuat Contact Form pada Blog. Pada bagian ini, Anda juga bisa untuk mengatur ukuran dari formulir tersebut. Setelah menyalin kodenya, silakan klik “Selesai”.
cara menggunakan google formulir untuk membuat contact form-7
Untuk membuat Contact Form pada Blog, silakan Anda masuk ke Akun Blogger Anda. Masukkanlah kode yang Anda salin tadi pada laman Blog Anda. Jangan lupa untuk mempublikasikannya pada pilihan “HTML” yang berada pas di samping kanan “Compose”. Bagi Anda yang belum paham mengenai cara membuat laman pada Blog, silakan Anda klik Membuat Laman pada Blog.

Demikianlah Artikel tentang “Menggunakan Formulir Google Dokumen Untuk Membuat Contact Form Pada Blog”, yang saya publikasikan pada Blog Berbagai Artikel menark. Semoga artikel ini menarik dan bermanfaat untuk Anda.

Baca juga :
Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment