Friday, July 25, 2014

Bawang Putih dan Hipertensi

Bawang Putih
Bawang Putih pada umumnya orang ketahui sebagai salah satu jenis dari berbagai jenis bumbu dapur yang ada. Berfungsi sebagai bumbu dapur, bawang putih tersebut tergolong bumbu dapur yang banyak disukai di beberapa negara termasuk Indonesia.

Di Indonesia sendiri, Bawang Putih merupakan bumbu dapur yang tergolong harus selalu tersedia dalam satu rumah tangga. Bahkan pada beberapa kejadian, saya pernah mendangar ucapan dari beberapa ibu rumah tangga yang mengatakan bahwa masakan yang dibuat untuk disajikan untuk keluarga mereka menjadi kurang sempurna jika tanpa menggunakan Bawang Putih.

Bawang Putih, selain berfungsi sebagai bumbu dapur, oleh sebagian orang juga sudah mengenal fungsi lainnya yaitu sebagai obat tradisional pada berbagai jenis penyakit. Tanaman yang ber-ordo Asparagales dengan Nama binomial Allium sativum ini diyakini dapat menyembuhkan dan mencegah berbagai jenis penyakit diantaranya adalah penyakit flu, batuk, wasir, kutil, kolesterol, jantung, hipertensi, dan masih banyak lagi penyakit lainnya.
atasi hipertensi dengan bawang putih
Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi
Hipertensi atau yang juga biasa disebut tekanan darah tinggi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah pada arteri meningkat. Peningkatan tersebut menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari pada biasanya agar dapat mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

Hipertensi jarang menunjukkan gejala, dan pengenalannya biasanya melalui skrining. Pada beberapa penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi biasanya mengalami  sakit kepala di bagian belakang kepala pada pagi hari. Penderita hipertensi juga kadang mengalami pusing, vertigo, telinga yang mendengungt, gangguan pada penglihatannya, serta kadang mengalami terjadinya pingsan.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa terjadi pada semua golongan usia. Cukup banyak orang yang tidak menyadari dirinya kalau telah mengalami hipertensi. Jadi untuk mengatasi penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi tersebut, dianjurkan untuk melakukan perubahan gaya hidup sebelum memulai terapi obat.

Perubahan gaya hidup tersebut dapat anda mulai misalnya menjaga berat badan tetap normal, mengurangi asupan diet yang mengandung garam, berolahraga secara teratur, serta mengonsumsi makanan yang kaya buah dan sayuran. Dengan menerapkan perubahan gaya hidup yang efektif diharapkan dapat mengatasi penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Bawang Puith dan Hipertensi
Dalam hubungannya antara bawang putih dan hipertensi, pada kesempatan ini saya akan membagi sebuah artikel menarik untuk Anda tentang bagaimana mengatasi penyakit hipertensi atau penyakit tekanan darah tinngi dengan menggunakan bawang putih. Akan tetapi, tentunya hal ini saya tidak sarankan untuk Anda lakukan terus melainkan hanya dilakukan dalam kondisi yang kepepet atau terdesak saja. Bagaimanapun juga, Anda harus tetap memeriksakan atau konsultasikan penyakit Anda dengan Dokter.
cara mengatasi hipertensi menggunakan bawang putih
Jika dalam keluarga Anda ada yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan sehingga mengakibatkan sipenderita hipertensi tersebut tidak dapat mendapatkan pelayanan dokter, maka sebagai pertolongan pertama Anda bisa mengikuti cara di bawah ini :
  • Ambil 2 atau 3 siung Bawang Putih.
  • Kupas kulit Bawang Putih tersebut.
  • Bakar Bawang Putih yang telah dikupas tadi, tetapi jangan sampai hangus. (Bakar hingga hasilnya sama seperti jika Anda membakar ikan.)
  • Selanjutnya, memarkan atau haluskan Bawang Putih yang sudah dibakar tadi.
  • Setelah bawang putih tersebut dimemarkan atau dihaluskan, minumkan ke penderita hipertensi.
Catatan :
Karena bawang putih memiliki rasa yang getir / angur, maka bawang putih yang telah dihaluskan tadi bisa langsung ditelan atau dimasukkan kedalam makanan lainnya (misal, pisang, roti, dan lain sebagainya.)


Demikianlah Artikel tentang “Bawang Putih dan Hipertensi” yang saya publikasikan pada Blog Berbagai Artikel Menarik. Semoga artikel ini menarik dan bermanfaat untuk Anda.

Baca juga :
Berbagai Artikel Menarik
Share this article to your friends :

0 comments:

Post a Comment